Senin, 20 Mei 2013

Vario CBS (Update)

Seperti janji saya untuk update modifikasi terbaru motor Vario. Foto diambil pada sore hari dengan cuaca mendung. Berikut penampakan modifikasi terbaru Vario :



Tidak banyak berubah. Dari sisi pengecatan, yang berubah hanya warna cover knalpot, cover radiator, dan variasi di atas CVT. Dari sisi fisik motor, beberapa ada perubahan. Handle rem milik Ride It, cover master cakram milik Yoshimura, kaca spion yang lebih kecil dan elegan, serta variasi custom jalu di ujung stang yang semakin menarik. Saya juga menambahkan variasi lampu hazard, saklarnya dibelakang handle rem belakang. Di malam hari. Hampir semua variasi lampu sama. Hanya berubah di lampu samping kanan-kiri sekitar lampu belakang. Dulunya putih, sekarang jadi biru plus ungu. Ini menimbulkan kesan mewah.
Modifikasi lainnya, saya lakukan di dalam jok. Saya memasang charger USB dan Voltmeter. Dimana keduanya tidak bisa dipakai bersama, karena dipasang dalam satu saklar. Kok Voltmeter? Yaa, motor ini sudah diubah menjadi sistem fullwave. Jadi kontrol aki dari voltmeter ini. Apabila ada indikasi abnormal pada kelistrikan terutama pada aki segera bisa diketahui dan diperbaiki. Untuk meminimalisasi pakai bensin campur (campur dorong broo:).
Kenyamanan saat berkendara merupakan hal penting. Saya kasih penutup jok Cooltech. Banyak kegunaan dari penutup ini. Kemudian ban roda saya ganti menjadi tubeless. Ukuran ban tetap, karena itu standar dari Vario. Depan 80/90, belakang 90/90.
Saya kira cukup dulu informasi dari saya. Karena dunia modifikasi tidak ada matinya, kalau ada modifikasi terbaru akan saya tampilkan updatenya lagi. Semoga bermanfaat.




Tidak banyak berubah dengan warna aslinya, pengecatan bertema warna Toyota. Warna merah milik Yaris. Warna putih bodi juga milik Yaris. Warna putih velg itu milik Alphard. Terakhir warna silverstone itu milik Kijang Innova.
Kelistrikan motor ini sudah diubah menjadi sistem fullwave. Sehingga mampu menampung beban listrik yang berat. Dengan sistem fullwave, modifikasi yang berkaitan dengan kelistrikan bukan masalah lagi. Kiprok yang digunakan milik Honda Tiger. Untuk lampu utama saya pakai lampu HID. Belum lagi variasi-variasi lampu yang lain. Tapi ingat kawan, lampu lain yang saya pakai bukan dari bohlam tapi pakai LED sehingga mampu meminimalisasi beban pada aki.
Untuk modifikasi yang mempengaruhi performa, saya hanya mengganti roller. Dari roller standar Vario 13gr diubah menjadi roller Dr. Pulley 11gr. Esensi dari pengubahan ini adalah bahan bakar menjadi lebih irit sampai 20%. Selain itu tarikan bawah menjadi semakin responsif. Ingat kawan, saya tidak bermain untuk top speed. Kalau mau main top speed jangan beli matic yaa…!!

Untuk pengerjaan sendiri, memakan waktu total kurang lebih sebulan. Itu pun kalau duit-nya lancar. Pengerjaan variasi lampu dan kelistrikan semua dikerjakan mekanik saya, Bang Roni. Terakhir, ingat kawan kalau modifikasi bodi jangan mengabaikan atau sampai mengganggu dalam performa mesin. Percuma kalau bodi bagus, performa menurun..



By Anton Gunawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar